Minggu, 04 Februari 2018

Happy Parenting With Novita Tandry

Sumber : Ijak

Happy Parenting With Novita Tandry
Penulis : Novita Tandry
2015, PT Bhuana Ilmu Populer 

***
Buku Happy Parenting With Novita Tandry ini banyak memberikan informasi seputar pengasuhan yang terbaik untuk anak-anak dengan bahagia, tanpa terkesan menggurui. Selain seputar pengasuhan dibahas juga bagaimana hubungan ayah bunda sebagai orangtua anak yang melakukan pengasuhan. Karena hubungan yang harmonis mengantarkan pada pendidikan yang harmonis juga untuk anak-anaknya.

Buku ini dibagi menjadi tujuh bagian, di mana setiap bagian ada beberapa sub bagiannya yang memerinci bagian itu. Ketujuh bagian ini adalah :

1. Seni mengasuh anak yang terdiri dari lima sub bab mengenai grandparenting, kasih sayang orangtua, mengendalikan emosi anak, menghindari sikap overprotektif dan tentang daycare. 

2. Seputar ayah bunda yang terdiri dari sembilan sub bab mengenai dimulai dari rumah, membagi waktu diantara karir dan keluarga, membangun lingkungan yang berkarakter unggul, memperberat hubungan dalam keluarga, menjaga keharmonisan rumah tangga, multitasking mom, plus minus kehidupan wanita karir, tanda-tanda Cinta yang sehat dan tentang karir atau keluarga? 

3. Penanaman disiplin dan pembentukan kemandirian yang terdiri dari enam sub bab terkait penumbuhan kemandirian dan kedisiplinan anak dan penanganan orangtua ketika anak kurang disiplin. 

4. Minat, bakat, dan pendidikan yang terdiri dari 12 sub bab mengenai mengasah bakat anak, bagaimana kegiatan yang mempengaruhi bakat dan minat anak, homeschooling, pendidikan anak-anak di masa yang akan datang dll.

5. Olah raga dan kesehatan yang terdiri dari enam sub bab mengenai kesehatan pada bayi, kesehatan psikologis pasca melahirkan juga bagaimana menggali kesehatan dari dalam diri. 

6. Seputar kehidupan suami istri yang terdiri dari empat sub bab mengenai kiat mempererat hubungan suami istri, seputar pelecehan seksual, pedofilia dll. 

7. Adalah bagian lain-lain yang terdiri dari tiga sub bab mengenai dampak teknologi juga televisi untuk anak-anak. 

Kelebihan :
Dengan penjabaran menggunakan poin-poin, menjadikan buku ini nyaman dibaca. Jika kita hanya mempunyai sedikit waktu, buku ini bisa dibaca sekilas karena poin-poinnya sudah jelas. Dan kita pun akan cukup memahami walaupun hanya dengan membaca sekilas. Buku ini layak dibaca untuk ibu-ibu yang menginginkan pengasuhan yang bahagia. 

Selain itu, penulis dengan segudang pengalamannya dan pendidikan yang mumpuni di bidangnya bisa menjadikan buku ini lebih dipercaya untuk menjadikan "rujukan" parenting. 

Yuk, kita banyak membaca untuk hidup lebih baik. 

4 komentar:

  1. Buku-buku yang bercerita ttg 'how to' memang lebih enak disajikan dalam bentuk poin ya. Nikmat dibaca enak di mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu.. Maafkan resensinya kacau. Terburu-buru. Aku copas bebrapa sub bab awal-awal. Insyaallah diperbaiki.

      Hapus
  2. Menjadi orang tua memang gak ada sekolahnya, sehingga perlu banyak membaca dan mencari referensi yang mendukung kita menjadi orang tua bahagia. Terima kasih postingannya :-)

    BalasHapus