Minggu, 15 Juli 2018

Catatan Hari Pertama Belajar Bersama Mamah





Hari ini, pertama teh Iya belajar online kelas tahfidz dan montessori Rumah Quran Cahaya. Mamah bilang ke teh Iya, kalau teh Iya akan sekolah di rumah sama mamah. Teh Iya harus semangat belajarnya. Sepertinya teh Iya sangat antusias dengan sekolahnya.

Tetapi, karena ternyata bahan yang diperlukan untuk identifikasi diri belum siap. Maka, hari pertama ini hanya mendengarkan surah yang akan dihafal sesuai intruksi. Dalam sehari minimal teh Iya harus mendengarkan surah Al Kaafiruun sebagai target hafalannya minggu ini sebanyak 40x dalam sehari dan mendengarkan surah An Nashr sebanyak 10x minimal sebagai target surah minggu depannya.

Karena teh Iya belum mempunyai hafalan yang harus dimuraja’ah, maka tidak ada hafalan sebelumnya yang harus diperdengarkan. Nah, urutan mendengarkan surahnya yaitu dibagi dalam tiga waktu. Pagi, antara jam 08.00-12.00 sebanyak 20x dengan dimulai mendengarkan surah Al Fatihah terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan surah An Nashr sebanyak 3x kalau teh Iya.

Siang hari, saat anak-anak istirahat tidak ada aktivitas mendengarkan surah. Dilanjutkan ba’da Ashar, teh Iya mendengarkan surah Al Kaafiruun sebanyak 10x dengan sebelumnya mendengarkan surah Al Fatihah. Setelah itu dilanjutkan dengan surah An Nashr sebanyak 4x.

Pada malam hari, teh Iya mendengarkan lagi surah Al Kaafiruun sebanyak 10x sebelum tidur dengan diawali surah Al Fatihah 1x dilanjutkan An Nashr sebanyak 3x.

Alhamdulillah semua target mendengarkan selesai untuk hari pertama belajar. Kalau melihat reaksi teh Iya, belum sepenuhnya ”menyadari” untuk mendengarkan surah-surah yang diperdengarkan tersebut. Walaupun begitu, mamah yakin teh Iya insyaallah bisa menghafal dengan baik surah Al Kaafiruun sebagai target minggu ini. Laa haula walaa quwwata Illa Billah

Metode menghafal tanpa memaksakan, santai seperti ini pun insyaallah bisa atas izin Allah. Seperti kata bunda Cahaya Makassar dalam kulwap perdananya, beliau berkata, "Jadi tidak ada istilah gagal. Saya ulangi ya bunda, tidak ada anak yang tidak berhasil menghafal. Kuncinya ada di konsistensi."

Semangat teh Iya! ❤✊🤗

Makassar, 15 Juli 2018

#KelasOnlineRQCahayaAngkatanPertama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar