Kamis, 28 Maret 2024

Membangun Pasukan Reseller

TAHAP 1: PERSIAPKAN MEDIA BUAT REKRUT

Persiapkan media rekrutmennya. Bisa gratisan media atau media berbayar. Gratisan media itu seperti FB gratisan, Grup WA. Bahasa simpelnya gratisan itu seperti FB pribadi, FB grup. Paid media itu seperti FB ads. Memaksimalkan budget Ads untuk memperbesarkan kolam lalu melakukan rekrutmen.


TAHAP 2: PERSIAPKAN PENAWARAN REKRUT

Tahap berikutnya adalah mulai persiapkan penawaran rekrutmennya. Cara paling ampuh utk merekrut adalah menawarkan program edukasi bisnis. Buat saja dulu yg free misal seperti kulwa, lakukan secara rutin untuk nantinya teman2 bisa melakukan rekrutmen reseller.

Infokan penawaran jika bergabung jd reseller apa kelebihannya                        

Misal:

  • Produk mudah djual,
  • Komisi menarik,
  • Ada reward bonus
  • Ga perlu stok barang
  • Tanpa modal dkk

Bentuk penawaran ini bisa bermacam2, bisa bentuk tulisan di FB, BC di WA, Poster rekrutmen dll. Misal target penjualan bulan ini 50 lalu lebih dr itu,nah kita kasih reward dgn bonus apa gitu. 


TAHAP 3 -MULAI REKRUT

Ketika media untuk merekrut dan pola penawarannya sudah siap, maka langkah selanjutnya mulai merekrut reseller. Jadwalkan rutin untuk proses rekrutmen, at least dalam sebulan bisa 2x. Ingat kuncinya Adalah KONSISTEN. Terapkan secara rutin. Tetapkan target,berapa jumlah reseller yang harus direkrut setiap bulan.    

Saran saya, at least setiap bulan rekrut 50 pasukan reseller. Sehingga dalam 3 bulan teman2 bisa punya minimal 150 reseller. Atau dalam setahun teman2 punya 600 reseller bahkan lebih.

‬Konsep reseller itu faktor kali, kalau mau makin kenceng jualannya, rekrut reseller secara rutin jadi dari sinilah percepatan bisnis teman2 meningkat. Perbesar, perbanyak, lakukan pembinaan secara rutin, infokan produk baru, berikan reward supaya loyal.

Oya untuk awal rekrutmen, teman2 bisa menerapkan free payment alias gratis. Tapi kalo bisa free bersyarat. Misal dgn beli produk kita. Tapi untuk seterusnya usahakan ada biaya regist tujuannya untuk memfilter reseller yg serius atau enggak.


TAHAP 4: MASUKAN KE GRUP RESELLER

Setelah orang-orang berminat jadi reseller kita, Selanjutnya kita masukan ke grup reseller.

Tapi sebelumnya teman-teman harus menyiapkan hal-hal berikut:

Peraturan grup reseller – misal no spam

Info product knowledge – apa yg djual

Admin yg akan bantu teman2 di grup

Info komisi yang akan didapat reseller


TAHAP 5: JADWALKAN MATERI PEMBINAAN

Reseller baru bisa jualan kalau kita melakukan pembinaan secara rutin. Kalau kita malas membina reseller kita, reseller kita ga akan loyal. Ga hanya tidak loyal, melainkan malas untuk berjualan. wadaaww...gawat kalau sudah begini ya.

Kalau sulit cari materi, kita baca2 selalu dari buku yg pernah kita beli. Rutinkan pembinaan Jadwalkan kulwa rutin di grup. Share materi yg bermanfaat. 


TAHAP 6: RENCANAKAN JADWAL PROMO

Pada akhirnya, pasukan reseller yg sudah kita rekrut dan kita bina. Akan kita terjunkan ke hal yg real yaitu melakukan penjualan.

Peran paling penting disini adalah manajemen waktu promo. Karena biasanya kalau kita melakukan penjualan lebih dari satu produk. Biasanya kadang ada yg berbarengan. Nah manajemen waktu penting disini. Intinya kita selalu siap kapanpun waktu ada promo, ada PO ada program marketing


Lalu bagaimana tipsnya?

Buat papan time schedule untuk menjadwal kapan rekrut, kapan pembinaan, kapan mulai jualan.

Jadwalkan kapan berinteraksi di grup. Intinya jadwalkan dengan baik, sehingga grup reseller selalu standby ketika ada promo atau PO terdekat.


TAHAP 7: LAKUKAN POIN 1-5 UNTUK PERBESAR PASUKAN

Tahap ini adalah poin yg paling penting yg harus teman2 lakukan. Apa itu? Yaitu repetisi. Repetisi adalah pengulangan.

Ingat, repetisi adalah "mother of all skill". Repetisi adalah ibu dari segala keterampilan. Kita bisa karena terbiasa. Mungkin awal2 tmn2 akan canggung mengisi kulWA di group. Tapi lama kelamaan akan terbiasa dan bisa.


Ingat repetisi untuk apa?

Untuk mengulang point 1-5 agar pasukan reseller kita banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar