Jumat, 12 Januari 2018

FASE GENITAL PADA ANAK LAKI-LAKI


   Dalam perkembangan anak ada tahapan fase-fase sensasi seksual yang berbeda sesuai dengan umurnya. 
  Usia baru lahir sampai dua tahun, sensasi seksualnya di mulut, sehingga disebut fase oral. Usia 2-3 tahun sensasi seksualnya di dubur, sehingga disebut fase anal. Waktu usia 3-5 atau 3-6 tahun sensasi seksualnya di kelamin, yang disebut fase falik. 
    Lalu 6-11 tahun adalah fase laten di mana si anak tidak fokus dengan sensasi seksual tetapi lebih banyak di tumbuh kembang fisik dan kognitif (masa sekolah).
    Dan usia 12 tahun ke atas sudah masuk fase genital, memasuki perkenalan dan tahapan kehidupan seksual sesungguhnya yang ditandai dengan adanya tanda-tanda pubertas, dan sensasi seksual sudah dinikmati di organ-organ seksnya secara sadar.
   Dari semua perkembangan tahapan sensasi seksual tersebut diperlukan peran orang tua. 
   Dalam pendidikan seks, khususnya untuk anak laki-laki, siapa yang paling berperan penting? Ayah atau ibu?
     Sebenarnya sama saja. Ciptakan suasana bahwa kebersamaan orang tua, baik ayah dan ibu adalah sebagai sumber informasi seksual yang sama. Dalam materi kita kali ini kita akan membahas mengenai fase terakhir yaitu fase genital pada anak laki-laki. 

Fase sensasi seksualitas pada anak

    Berdasarkan fase2 di atas, pendidikan seks juga dapat dilakukan secara bertahap sesuai usianya.
  • Usia 1-5 tahun: kenalkan anggota tubuh secara detailu
  • Usia 5-10 tahun: jawab pertanyaan anak secara benars
  • Uia 10 – 12 tahun: kenalkan tentang haid, mimpi basah dan perubahan fisik.
    Kenapa kami menuju satu ke fase genital anak laki-laki karena anak laki-laki, sebagaimana di buku bunda sayang halaman ;158 dijelaskan anak laki-laki yang belum baliq dijadikan sasaran tembak bisnis pornografi internasional. Hal ini arena meraka cenderung mengunakan otak kiri dan kemaluannya berada diluar,
    Oleh karena itu, peran ayah sangat dibutuhkan saat fase ini, untuk membicarakan apa itu mimpi basah.
     Mengapa harus ayah?
  Karena usia anak laki-laki di atas 7 tahun, membutuhkan waktu yg lebih banyak dengan ayahnya, daripada dengan ibunya. Dan ayah juga yang mengalami mimpi basah. Tetapi jika ayah tidak ada atau tidak punya waktu, maka ibu lah yg harus mengambil tanggungjawab ini.
    Membicarakan mimpi basah,tidak terlepas 2 istilah ini(mani dam madzi). Kami  sedikit menguraikan perbedaan mani dan madzi serta cara bersuci (thoharoh).
  • Mani adalah cairan yang disebabkan mimpi(bermesraan dengan perempuan dikenal atau tidak dikenal). Cara bersuci: mandi besar/mandi junub.
  • Madzi adalah cairan yang keluar saat anak melihat hal-hal /gambar-gambar yang tidak pantas (gambar yang tak senonoh). Cara bersuci : Mencuci kemaluan,mencuci tangan lalu berwudhu tanpa mandi besar.
Tanya Jawab 
1. Bunda Ririn 
Madzi keluar setelah mimpi basah atau sebelum dpt mimpi basah pertama?
    Menurut saya madzi bisa keluar kapan saja, ada yang keluar setelah mengalami mimpi erotis ada juga yang tidak, hanya keluar begitu saja.
   Apa yang terpikir dari kata itu? yang pertama adalah tersenyum sambil membayangkan sesuatu yang 'ngeres-ngeres'... dan berikutnya terserah anda... hehehe Wajar sih, karena kata itu dikonotasikan dengan hal yang dianggap tabu oleh masyarakat kita : Seks. Padahal, tidak ada yang tabu untuk dibicarakan. Karena justru dari kata ini, salah satu awal, seorang laki-laki berproses menjadi dewasa atau mengalami pubertas. 
    Mimpi Basah Itu Apa Sih? Untuk para pria yang telah mengalaminya pasti udah tahu itu apa. Yup, betul.. mimpi yang diikuti dengan basahnya daerah kelamin atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal. Jelas beda dengan ngompol. Karena yang keluar adalah cairan mani yaitu campuran antara semen (cairan yang dihasilkan oleh kelenjar reproduksi) dan sperma (sel kelamin). 
  Mimpi basah terjadi pada seseorang yang mengalami tidur yang dalam atau REM (Rapid Eye Movement). Pada saat itu biasanya pria mengalami ereksi 3 - 5 kali. Biasanya, sperma baru mulai diproduksi di dalam testis saat menginjak masa puber yaitu sekitar 9-14 tahun, dengan pengaktifan fungsi seksualnya melalui otaknya. Setiap hari, normalnya seorang pria memproduksi 100juta - 400juta sperma yang tersimpan dalam epididimis atau bagian dalam testis untuk proses pematangan. Proses tersebut membutuhkan waktu 3 minggu.
  Kualitas sperma sangat dipengaruhi suhu. Jika suhu panas, maka scrotum atau kantung testis akan meregang, sebaliknya jika suhu dingin maka scrotum akan mengkerut. Istilah ereksi alias penis menegang akan terjadi jika terjadi perangsangan pada organ seksual, baik itu karena adanya sentuhan fisik atau hal-hal lain yang menyebabkan terangsang. 
   Walau kadangkala, ereksi dapat terjadi tanpa rangsangan seksual. Hal seperti ini normal kok. Saat itu terjadi proses perpindahan sperma dari kantung semen dan kelenjar prostat (kelenjar yang menghasilkan cairan yang berisi zat makanan untuk menghidupi sperma). Setelah itu, air mani keluar dari saluran urethra dalam penis. Peristiwa ini disebut ejakulasi. 
    Mimpi basah merupakan sebuah proses alami. Ada yang keluar setelah mengalami mimpi erotis ada juga yang tidak, hanya keluar begitu saja. Yang pasti, bahwa mimpi basah adalah salahsatu mekanisme alami untuk menguras timbunan sperma dari dalam tubuh. Peristiwa ini dialami akibat vesikula seminalis (kantong sperma) telah dipenuhi sperma yang dihasilkan oleh testis disertai adanya peningkatan hormon testosteron.      Ada 5 tips menjaga kebersihan diri setelah mendapatkan mimpi basah : 
  1. Cuci pakaian yang basah, 
  2. Cuci alas tidur yang basah,
  3. Bersihkan alat kelaminnya, 
  4. Bagi yang muslim segera mandi junub (hadast besar), 
  5. Konsultasi atau sharing ke orangtua jika baru mengalami mimpi basah pertama kali 
Sumber :
Booklet Kesehatan Reproduksi PKBI-BKKBN 2009 https://id.wikipedia.org/wiki/mimpi_basah https://www.health.detik.com/read/2010/07/05/.../mengapa -pria-mimpi-bas

2. Bunda Onel
Bagaimana cara menjelaskan alat kelamin ke anak. Dari berbagai literatur menyarankan agar menyebut "penis" dan "vagina"? Mengingat di masyarakat kita bugis makassar, masih cukup aneh dan tabu jika anak kecil menyebut kelamin dgn kata seperti tadi. Bagaimana menurut bunda?
Jawab : 
Kata psikologi harus begitu.  
Pernah psikologi yg sy temui bilang jangan dengarkan orang . Anak kita sendiri terserah kita
 Iya atau dengan bercerita atau gambar manusia(media belajar biologi,menunjukan persamaan nama (sesuai sebutan daerah) dengan nama ilmiahnya
3. Neli
Apa yang harus dilakukan terhadap anak perempuan yang baru saja baliqh (baru pertama mendapat haid)
Dari pengalaman ke anak didik : 
   Anak yang pertama kali mendapat haid,kaget bercampur tangisan ( ini mungkin kurang pengetahuan haid sebelum datang masanya) atau memang hanya materi saja didapat.pas waktunya tetap kaget ya😅
   Rangkul,serta jelaskan itu apa dan kenapa, dan hal-hal yang tdk boleh saat haid dll.  (Kadang anak2 sudah tau materi haidnya,
Setelah merasakan massanya (lupa apa yang tidak boleh dilakukan)☺

Tambahan: 
Kak Eli
  Pengalaman saya dulu, sebelum haid Mama ku memang sudah kasi  penjelasan kalo nanti jangan kaget nak kalo suatu hari ada darah yg keluar yang harus kamu lakukan  begini dan begini. 
Cuma waktu itu mama ku tambai mitos😟
    Alhamdulillah pas dapat, sempat gemeteran tapi ingat pesan mama akhirnya ndak jadi panik😬
Oia kurikulum anak kelas 5 SD sudah pelajari tentang tanda-tanda biologis kalo baligh loh bund... 
  Jadi anak ku sering cerita pelajaran sekolah. Sekarang anak kelas 4 sdh ada yg dpt haid, jadi bagus memang di kasih tahu sejak dini.

#Day7
#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#FitrahSeksualitasAnak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar