Sabtu, 27 Januari 2018

Hutan Kota, Tempat Rekreasi Favorite Keluarga


RTH Unhas

Tempat rekreasi yang nyaman yang sering kami kunjungi adalah Ruang Terbuka Hijau di Universitas Hasanudin. Tempat yang menurut kami sangat nyaman dan aman untuk bermain dengan anak-anak.
"Keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) atau taman kota sendiri di suatu daerah saat ini sedang menjadi tren. Selain mempercantik kota, juga bisa meminimalisir pencemaran udara yang banyak disumbang dari asap kendaraan, terutama di kota-kota besar seperti Makassar ini"
Sejak beberapa bulan ini, di Makassar telah dibuka jembatan melingkar (invinity bridge) dan taman teras yang merupakan bagian dari hutan kota Makassar, yang menjadi salah satu kawasan hutan kota terbaik dan menjadi paru-paru kota Makassar itu sendiri. 

Spot yang merupakan ruang terbuka kampus Universitas Hasanudin (UNHAS) ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat untuk bersantai bersama keluarga tercinta. Tentunya dengan murah meriah dan menyenangkan. 

Penataan taman yang unik,  menjadi daya tarik warga makasar untuk datang mengunjungi tempat ini. Invinity bridge menjadi spot menarik dengan danau dan jembatan di atasnya yang berbentuk melingkar, sangat cocok untuk selfie atau gorupie. Tulisan Universitas Hasanudin yang terbentang berhadapan dengan jembatan serta air mancur yang dikelilingi bunga-bunga dan rerumputan menambah daya tariknya. 

Jembatan di RTH Unhas

Sementara di belakang invinity bridge ini,  ada taman teras yang sebelumnya merupakan tempat penangkaran rusa yang direlokasi. Untuk menuju ke sana,  dari invinity bridge dihubungkan oleh jembatan yang dibawahnya mengalir sungai kecil.  Bunga-bunga kecil disekitarnya dan rumput liar menambah kecantikannya. 

Di taman teras akan disuguhi dengan pohon-pohon yang rindang sementara di bawahnya ada jembatan kayu yang sangat luas membentuk labirin terhubung antara satu dengan yang lainnya.  Jembatan ini menjadi tempat yang asyik untuk sekedar ngobrol,  photo-photo,  piknik,  tempat belajar para mahasiswa atau pun kegiatan komunitas. Selain itu,  bisa juga digunakan untuk jogging atau olahraga di pagi hari. 

Menyenangkan ya! 

Sebelah jembatan kayu-kayu itu ada ruang terbuka yang luas untuk sekedar lari-lari dengan si kecil atau yang hanya duduk-duduk beristirahat dan photo-photo. Suasananya memang sangat nyaman ditambah semilir angin diantara pohon-pohon yang menjulang tinggi itu rasanya.. Nyesss banget. 

Dengan spot seperti itu,  tak heran kalau dari kejauhan juga terlihat beberapa orang menggunakan ayunan hammock untuk merebahkan diri. Ditambah di depan taman teras ini, ada danau yang lumayan luas dengan pepohonan rindang kanan kirinya. Sehingga RTH dengan luas 2,4 hektare ini pun akan lebih ramai dikunjungi terutama pada sore hari untuk sekedar melepas penat dari pekerjaan yang padat. 

Selain invinity bridge dan taman teras, semakin masuk ke dalam hutan kota ini juga ada penangkaran rusa yang cukup luas dan taman pascasarjana unhas. Anak-anak akan sangat riang memberi makan rusa atau sekedar melihat-lihat rusa yang sedang bergerombol. 

Untuk makanan atau camilan harus bawa sendiri dari rumah, karena tidak ada penjual yang berkeliaran di sekitar hutan kota ini. 

Selain untuk sekedar jalan-jalan, RTH Unhas ini juga bisa menjadi alternatif tempat wisata edukasi bagi keluarga. Anak-anak bisa dikenalkan tentang menjaga kelestarian alam, menjaga kebersihan lingkungan, dan mengenalkan berbagai jenis tanaman yang ada di RTH sekaligus memberi teladan untuk mentaati aturan, apabila berkunjung ke suatu tempat. 

Oleh : Yuli Yuliani
Sumber Photo : Koleksi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar