Berkarya |
Setelah minggu kemarin saya mencoba menguraikan bakat dan peran dengan ST30 dan pandu 45 halaman 24-27, maka saatnya sekarang untuk memberikan ruang pada masing-masing bakat dan peran tersebut. Berikut hasil bakat dan ruang yang kira-kira saya bisa berkiprah di dalamnya.
- Bakat 11: patuh mengikuti aturan yang ada, tidak suka pembedaan hak akibat pertemanan. (Consistency) / STRIVING.
Untuk ruang yang consistency ini saya memilih untuk mengikuti belajar online dengan peraturan yang lumayan ketat. Belajar yang saya telah ikuti yaitu Halaqoh Silsilah Ilmiyyah Abdullah Roy. Ada dua kelas yang saya ikuti, yaitu kelas Akidah dan kelas Mahazi tentang haji. - Bakat 15: memiliki pola pikir runut dan teratur (Discipline) / STRIVING
Untuk ruang discipline ini saya memilih untuk membuat jadwal harian yang bisa dilakukan sehari-hari. Selama ini jadwal saya hanya tulis di HP. Untuk selanjutnya mau ditulis di kertas dan ditempel di dinding. - Bakat 16: bisa merasakan orang lain baik sedih maupun senang (Emphaty) / RELATING
Untuk emphaty saya mencoba untuk menjadi konsultan bisnis ataupun menulis sesuai dengan minat saya di mana. Selain itu, saya akan mencoba aktif di divisi Sejuta Cinta IP untuk lebih memberikan manfaat kepada orang banyak - Bakat 22: mampu melihat karakter kinerja temannya satu persatu (Individualization) / RELATING
Untuk individualization, saya memilih untuk menganalisa perkembangan berlajar anak-anak dengan membuatkan tabel pembelajaran / kurikulum capaian masing-masing anak. Dan mengevaluasinya sebulan sekali perkembangan masing-masing anaknya. - Bakat 25: sangat suka belajar hal baru (Learner) / THINKING
Untuk learner ini tak lelah untuk belajar dan mengikuti komunitas yang kira-kira bisa mengembangkan minat saya selama ini. Untuk soal ini, saya mungkin harus memilah lagi grup mana yang kira-kira bisa menunjang minat saya. - Bakat 30: suka otak-atik, memperbaiki ke fungsi semula (Restorative) / STRIVING
Untuk restorative saya memberikan ruang untuk diri sendiri dengan mengutak-atik desain photo ataupun badge di kelas Bunda Sayang. Kadang saya membuat flayer untuk kegiatan-kegiatan mingguan kelas.
Setelah terurai bakat dan ruang kiprahnya, saya mencoba urai juga peran dominan dan ruang kiprahnya masing-masing. Cek hasilnya, Yuk! Ini dia hasil temu bakat bakat saya yang 6 dominan peran dan ruangnya:
- Marketer --> Sifat mereka berpikir strategic, senang mengkomunikasikan sesuatu, banyak idea dan senang menonjolkan kelebihan.
Untuk ruang marketer saya mencoba untuk membuat iklan dan membuat flayer atau brosur untuk jualan online saya. Saya mencoba merutinkan untuk membuatnya dua minggu sekali biar selalu fresh. - Mediator --> Sifat mereka keras menghadapi orang akan tetapi tidak menyukai konflik
Untuk mediator mirip dengan barmony, saya memilih untuk tidak terlibat dalam konflik apapun di dalam komunitas. Sehingga, saya memang cenderung diam ketika di group WA. Selain itu, mungkin saya harus ikut dalam organisasi untuk perdamaian. - Restorer --> Sifat mereka senang ngotak-ngatik mengembalikan ke fungsi semula
Untuk restorer mirip dengan restorative saya memberikan ruang untuk diri sendiri dengan mengutak-atik desain photo ataupun badge di kelas Bunda Sayang. Kadang saya membuat flayer untuk kegiatan-kegiatan mingguan kelas. - Safekeeper --> Sifat mereka teliti, hati-hati, waspada dan bertanggung jawab
Untuk safekeeper saya berusaha untuk menjaga keselamatan dan bahaya anak-anak. Saya biasanya mengecek segala hal jika akan bepergian. Selain perlengkapan untuk di jalan, semua peralatan rumah pun saya cek walaupun bepergiannya hanya jalan-jalan ke Mall. - Seller --> Sifat mereka umumnya suka berhubungan dengan orang, baik untuk mempengaruhi, bekerjasama ataupun melayani dan bertanggung jawab.
Untuk seller, saya mencoba membuka bisnis online dengan ramah tamah. Sampai saat ini, saya sudah 2 tahun menjalankan bisnis online. - Selector --> Sifat mereka ini memiliki instuisi dalam melihat keunikan sifat orang lain
Untuk selector menurut saya mirip individualization, saya memilih untuk menganalisa perkembangan belajar anak-anak dengan membuatkan tabel pembelajaran/ kurikulum capaian masing-masing anak. Dan mengevaluasinya sebulan sekali perkembangan masing-masing anaknya. Tambahannya adalah berusaha terus menggali potensi anak-anak saya dengan ragam kegiatan.
Sebetulnya hasilnya saya masih terus mencari seiring berjalannya waktu. Semoga setelah bisa menemukan peran, bakat dengan ruang berkaryanya, saya bisa lebih bermanfaat lagi.
#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriDua
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar