Sabtu, 28 April 2018

Membuat Proyek Yuk!


Tugas ke 7 ini sangat menantang, terlebih bagi saya yang memang selama ini belum pernah membuat proyek secara mandiri atau saya sebagai pimpinan proyeknya.

Saya mencoba membuat proyek yang sesuai bakat yang telah saya analisa dari mater-materi sebelumnya. Saya mengambil beberapa bakat yang sekiranya mendukung proyek ini.

Ini beberapa bakat yang kira-kira mendukung proyek ini:
  • Bakat 15: memiliki pola pikir runut dan teratur (Discipline)
  • Bakat 30: suka otak-atik, memperbaiki ke fungsi semula (Restorative)
  • Restorer --> Sifat mereka senang ngotak-ngatik mengembalikan ke fungsi semula
  • Safekeeper --> Sifat mereka teliti, hati-hati, waspada dan bertanggung jawab
  • Bakat 16: bisa merasakan orang lain baik sedih maupun senang (Emphaty)
  • Bakat 22: mampu melihat karakter kinerja temannya satu persatu (Individualization)
  • Marketer --> Sifat mereka berpikir strategic, senang mengkomunikasikan sesuatu, banyak idea dan senang menonjolkan kelebihan.
  • Selector --> Sifat mereka ini memiliki instuisi dalam melihat keunikan sifat orang lain
  • Bakat 25: sangat suka belajar hal baru (Learner) / THINKING

Selain dengan melihat bakat, saya mencoba membuat proyek ini diselarasan dengan resolusi 2018 yang telah saya buat akhir tahun 2017 dulu.

Di bawah ini ada resolusi saya pada tahun 2018. Saya mengambil wilayah Family dan career untuk proyek kali ini. Dalam proyek ini saya berharap ada beberapa resolusi yang bisa langsung tercapai.


Taraaaa…. Ini dia proyek yang akan saya lakukan.
Nama Proyek
Rumah Belajar Sains

Logo

Gagasan
Anak-anak sangat senang belajar di dalam ataupun di luar rumah. Baik kita ciptakan dengan percobaan atau pengamatan sehari-hari. Idenya ingin mencoba belajar melihat fenomena sains sehari-hari dengan menyenangkan dan juga bisa dalam bentuk percobaan-percobaan yang kita berikan ke anak-anak.

Untuk mnegkolaborasikan dengan minat saya menulis, maka saya ingin mendokumentasikannya dengan tulisan dan foto-foto yang rencananya akan mencoba diikutkan dalam event free pencetakan buku oleh Penerbit Rosela. Bilapun tidak, maka saya akan tetap mebuatnya dalam bentuk buku digital dengan platform yang saya pahami dengan bakat mengutak-ngatik sepertinya hal ini akan sangat menyenangkan.

Pelaksanaan
Kegiatan menemukan ahanya dalam sains ini akan selang-seling, antara pengamatan dan percobaan dengan alat dan bahan. Bisa di dalam ruangan untuk percobaan dengan alat dan bahan, bisa juga di luar untuk pengamatan.

Kegiatan dimulai setelah selesai semua materi dan tugas RBI, kira-kira dimulai tanggal 5 mei - tanggal 5 Juni atau bisa kurang sesuai dengan kebutuhan untuk membuat proyek buku.

Pimpinan proyeknya saya sendiri dibantu oleh suami dalam mencari sumber bacaan dan sumber percobaan sainsnya. Selain itu, dokumentasi juga bisa dibantu oleh suami.

Subjek proyek ini adalah anak saya yang berusia 3y11m, Daniya Husna Effendi.

Amati Dan Tulis
📌 AMATI
Aspek Kecerdasan (Untuk catatan sendiri)
  • Bagaimana cara anak meningkatkan rasa ingin tahunya? (IQ)
  • Bagaimana cara anak mengelola emosi selama projek berjalan? (Emotional Intellegence/EI)
  • Bagaimana cara anak meningkatkan kebermanfaatan dirinya dengan projek tersebut? (Spiritual Intellegence)
  • Bagaimana cara anak mengubah masalah menjadi peluang (Adversity Intelligence)

📌 TULIS
Setelah percobaan atau pengamatan selesai, akan ditulis pengalaman kita setiap hari dalam bentuk cerita pendek untuk memenuhi kelayakan penerbit.

Resolusi yang terpenuhi:
  1. Lebih sabar ke anak-anak
  2. Waktu belajar khusus
  3. Menulis buku solo
  4. One Week One Book
  5. ChangeMaker Family


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriTujuh
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar