Senin, 21 Mei 2018

Sahur Sehat, Ibadah Pun Nikmat


Alhamdulilla sudah memasuki puasa hari ke lima ya, Bun. Rasanya waktu berjalan begitu cepat. Jika tidak digunakan dengan sebaik mungkin, maka tanpa menyadarinya Ramadan ini akan berlalu saja. Ah sayang sekali, karena Ramadan tahun depan belum tentu bisa kita temui lagi.

Salah satu yang menyenangkan di bulan Ramadan ini adalah waktu sahur. Di beberapa daerah bahkan ada patroli sahur, untuk membangunkan orang-orang agar bisa sahur.

Lantas, apa sih bun manfaat sahur bagi kesehatan? 


Selain sunnah, ternyata sahur itu banyak manfaatnya lho, Bun. Ini dia nih, manfaat yang diperoleh dari sahur, yaitu: 

1. Sebagai Sumber Energi
Dengan kita Sahur, maka kita bisa melakukan aktivitas dengan baik, tanpa kelelahan. Hal ini karena tersebut sahur menjadi sumber energi, terutama jika makanan sahur kita makan kaya akan karbohidrat. 

2. Bisa Mengurangi Dahaga
Sahur bisa mengurangi rasa haus di siang hari,  apabila kita banyak minum serta mengonsumsi sayur dan buah dengan cukup. 

3. Bisa Mencegah Mual dan Sakit Kepala
Sahur bisa membantu mencegah mual dan sakit kepala saat berpuasa, karena tubuh akan mengatur kadar gula yang ada dalam darah. 

4. Membantu Kebutuhan Nutrisi
Sahur sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kita berpuasa. Tentunya hal tersebut harus juga diimbangi dengan menyantap makanan yang kaya akan nutrisi saat sahur. 

Banyak ya ternyata manfaatnya sahur? Jadi, tak ada alasan lagi untuk malas dan menunda sahur ya Bun. 

Agar sahur terasa lebih nikmat dan sehat, maka kita harus memperhatikan menu sehat untuk sahur. Di bawah ini beberapa menu sehat untuk sahur:

1. Memperbanyak mengonsumsi air saat sahur, untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga cairan tubuh tetap terpenuhi. 

2. Mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi, yang akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi, seperti nasi putih, jagung, nasi merah, roti gandum, dan kentang. Jadi, usahakn salah satu makanan itu ada di setiap santap sahur kita ya Bun. 

3. Mengonsumsi daging, karena kandungan protein dalam daging sangat diperlukan tubuh selama berpuasa. Jika kita merasa bosan dengan daging, maka bisa kita ganti dengan menu lainnya, seperti tempe, tahu ataupun ikan. 

4. Memakan buah-buahan dan sayuran

5. Minum Susu 
Jangan lupa, ketika sahur hindari memakan makanan yang mengandung gula sederhana ya, karena pembakarannya lebih cepat. Selain itu, jauhi juga makanan yang mengandung lemak jenuh dan minuman yang mengandung kafein.

Menu sahur yang sehat, sangat memengaruhi kualitas puasa kita. Dengan menu sahur sehat, aktivitas ibadah lainnya pun akan mudah dikerjakan karena badan kita tetap bugar dan semangat meski sedang berpuasa. Jadi, ternyata sahur bukan hanya sekedar kenyang, tapi kandungan nutrisinya juga harus tercukupi.

Sumber Pict: Pixabay.com

#SeninInspirasi
#ChallengeRamadanBerbagi
#InvinityLovi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar