Minggu, 05 Agustus 2018

Stimulasinya Semakin Menyenangkan

Touch Fabrics 
***


Hari ke-3 di minggu ke 3 belajar onlinenya teh Iya, mamah menyiapkan bahan untuk stimulasi touch fabrics atau menyentuh beragam jenis dan tekstur kain.

Tujuan stimulasi ini adalah untuk melatih kepekaan indera peraba dan tactile serta melatih konsentrasi, daya ingat dan imajinasi.

Teh Iya diminta meraba kain dimulai yang terkasar sampai bahan yang halus. Alhamdulillah teh Iya bisa mengurutkan dari yang terkasar sampai yang paling halus. 

Sebelum teh Iya melakukan stimulasi, ada stimulasi sensitivitas indera peraba dengan merendam jari telunjuk dan jari tengah dalam wadah selama kurang lebih 2-3 menit. Setelah itu, baru deh teh Iya stimulasi touch fabrics itu.


Dalam variasi kegiatannya, dengan ditutup matanya, teh Iya masih bisa membedakan bahan terkasar sampai terhalus. Semangat teh Iya❤

Untuk hafalannya, masih surah Al Lahab dan Al Ikhlas ya. Tapi, diputar dulu hafalan sebelumnya yaitu surah Al Kaafiruun dan An Nashr. Yeeeay selamat teh Iya. 

Makassar,  31 Juli 2018

***


Colored Ice Cube
***

Untuk stimulasi ini, teh Iya dari pagi sudah menunggu dengan tidak sabar. Air dan warna adalah kesukaannya. ❤

Ternyata oh ternyata ... karena mungkin dicampur pewarna, maka es yang dibuat tidak terlalu padat. Jadilah pas dikeluarkan dari cetakannya, kepadatan esnya tidak "memenuhi" kriteria. Sehingga ketika digabungkan dalam satu wadah, warnanya menjadi berubah agak hitam kelam.

Walaupun begitu, teh Iya semangat empat lima untuk melukis dengan es batu di atas kertas HVSnya. Tujuan melukis ini adalah untuk melatih kepekaan indera peraba dan tactile serta melatih konsentrasi dan kreativitas ai kecil.

Untuk variasi kegiatannya sendiri, teh Iya bisa melihat warna berbeda ketika warna primer digabungkan. Terutama percampuran warna biru dan kuning yang menghasilkan warna hijau.

Yeeeay semangat teh Iya.

Untuk hafalannya, hari ini teh Iya sepertinya kurang mood. Pas pagi mendengarkan Murottal, teh Iya ketiduran di lantai😊. Tapi apapun itu, teh Iya semangat untuk mendengarkan AlQuran pagi hari sebelum beraktivitas yang lainnya. Alhamdulillah❤

Makassar, 01 Agustus 2018

***

Emotion
***

Tak terasa ya, sudah memasuki hari terakhir di minggu ke-3 belajarnya teh Iya. Hari ini teh Iya belajar emotion atau mengenal berbagai jenis emosi. 

Tujuannya selain memahami berbagai jenis emosi, diharapkan juga mampu mengungkapkan emosi dengan baik dan benar serta mengasah kemampuan berkomunikasi.

Alat digunakan hari ini semuanya berbentuk printable. Lucu ya face emosinya.😍 Teh Iya diminta mengikuti bentuk yang ada diprintable. Pas yang emoticon lucu, teh Iya bilang, "Kok harus menjulurkan lidah ya?" Tapi tetap diikuti 🤗. 

Setelah itu diminta menunjukkan emosi sesuai dengan nama emosi yang ada di stick. Alhamdulillah teh bisa menyebutkan satu persatu semua emosi. Untuk variasinya juga, sudah terbiasa mengungkapkan keinginanya. Ya memang pada dasarnya teh Iya itu, senang mengungkapkan perasaanya 😂

Untuk hafalannya, sepertinya agak kurang fokus dalam menghafal surah "Al Lahab". Kalau surah Al Ikhlas, Alhamdulillah lebih mudah dihafalkan oleh teh Iya. Yeeeay semangat teh Iya. Tinggal seminggu lagi belajarnya. Semoga bisa mempertahankan ritme belajarna ya. Lebih baik lagi. Aamiin 

Makassar, 02/08/18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar