Sabtu, 18 Agustus 2018

Perayaan Ruang Berkarya Ibu #2


Proyek ini saya beri nama Rumah Belajar Sains. Ide terbentuknya rumah belajar anak ini adalah karena anak-anak sangat senang belajar di dalam ataupun di luar rumah. Baik kita ciptakan dengan percobaan atau pengamatan sehari-hari. Dengan rumah belajar ini, ingin mencoba belajar melihat fenomena sains sehari-hari dengan menyenangkan dan juga bisa dalam bentuk percobaan-percobaan yang kita berikan ke anak-anak.

Untuk mengkolaborasikan dengan minat saya menulis, maka saya mendokumentasikannya dengan tulisan dan foto-foto yang rencananya akan mencoba diikutkan dalam event free pencetakan buku oleh salah satu penerbit. Bilapun tidak, maka saya akan tetap mendokumentasikannya dalam bentuk digital dengan platform yang saya pahami dengan bakat mengutak-ngatik yang tentunya menyenangkan buat saya.


Pada pelaksanaannya, ternyata ada beberapa perombakan dalam proyek ini karena keterbatasan. Walaupun begitu, ternyata saya mendapatkan proyek yang lebih seru dan lebih menantang dengan kegiatan yang lebih terarah. 
Proyek yang saya lakukan ini sebetulnya tidak jauh beda dengan gagasan sebelumnya, tetap tentang percobaan dan kegiatan bersama anak. Melakukan eksplorasi dan tentunya dengan tetap didokumentasikan dalam bentuk foto dan narasi.
Kegiatan menemukan ahanya dalam ini akan selang-seling, antara pengamatan dan percobaan dengan alat dan bahan. Bisa di dalam ruangan untuk percobaan dengan alat dan bahan, bisa juga di luar untuk pengamatan.

Pimpinan proyeknya saya sendiri dibantu oleh suami dalam mencari sumber bacaan dan sumber percobaan sainsnya. Selain itu, dokumentasi juga bisa dibantu oleh suami.

Subjek proyek ini adalah anak saya yang berusia 3y11m, Daniya Husna Effendi.

Hasil akhirnya dari proyek Rumah Belajar tentang Sains ini adalah sebuah buku cerita anak keseharian true story yang mengandung sains yang dipadukan dengan fakta sains serta dilengkapi dengan aspek-aspek kecerdasan yang terdapat dalam percobaan atau pengamatan sains tersebut.

Tahap awal dari proyek saya adalah mencari-cari buku referensi sains anak yang bagus dan saya akan ATM sesuai dengan tujuan akhir saya. Beberapa hari ini saya telah membaca beberapa sains anak di IJAK, masih harus melihat-lihat lagi kira-kira seperti apa buku yang akan saya buat nanti.
Selain buku-buku, saya juga mencari-cari video anak sains dalam hal ini, suami lebih banyak berperan. Video yang dicari adalah video cara percobaan yang bisa dipraktekan oleh anak saya yang berusia 3y11m atau 1y10m.

Cerita yang akan digarap dalam 1 buku itu sekitar 8-10 cerita sesuai dengan persyaratan minimal sebelum-sebelumnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar