Jumat, 03 Agustus 2018

Line Walking dan Wet Pouring


Line Walking 
***

Memasuki minggu ke tiga di kelas online Rumah Quran Cahaya, teh Iya lumayan sudah mendapatkan ritme belajarnya. Setiap hari, selalu ditanyakan bermain apa hari ini? Kemudian setiap pagi, teh Iya minta diperdengarkan murottal sebelum beraktivitas, sore hari juga dan malam sebelum tidur.

Target minggu ke tiga ini, ada dua surah yang harus dihafalkan. Yaitu surah Al Lahab dan surah Al Ikhlas. Semoga teh Iya bisa menghafal keduanya. Semangat teteh!

Untuk stimulasi montessorinya, hari ini teh Iya melakukan line walking atau berjalan di atas garis dan bergerak sesuai arahan. Tujuan stimulasi ini untuk mengasah kemampuan motorik kasar, melatih fokus dan keseimbangan. 


Untuk permainan ini, ayah menempel lakban di lantai dengan semangat. Teh Iya pun bilang “Ayah semangat banget ya”. Garis yang dibuat ayah adalah garis lurus, zigzag dan berkelok. Sebetulnya ada printable kakinya, tapi ternyata kecil sekali pas sudah diprint. Jadinya, tidak jadi ditempel :-). 

Teh Iya bisa berjalan di atas line walking ini dengan langkah kecil-kecil, bukan langkah yang lebar. Tapi walaupun begitu, ia bisa menyelesaikannya sampai finish.

Untuk variasi kegiatan, teh Iya diminta untuk berjalan sambil membawa baki yang diberi beban dua mangkuk yang disusun. Untuk kali ini, teh Iya menggunakan langkah lebih lebar. Mungkin karena membawa beban, jadinya harus lebih lebar langkahnya.Selain itu, teh Iya juga belajar melompat tanpa harus terkena garis pada yang berkelok.

Secara keseluruhan, teh Iya bisa menyelesaikan tantangan permainan ini. Yeeeay! 

Makassar, 29 Juli 2018

***

Wet Pouring 
***

Hari ke 2 di minggu ke 3, teh Iya masih semangat nih. Alhamdulillah❤. Masih konsisten untuk mendengarkan surah AlKaafiruun, An Nashr, dan surah tertarget surah Al Lahab dan Al Ikhlas. 

Dengan mengulang bacaan terus menerus, semakin membuat teh Iya hafal lebih baik lagi. Yang semula Al Kaafiruun masih terbata-bata, lambat laun menjadi lebih jelas dan hafal. Begitu juga surah yang lainnya.

Untuk stimulasi montessorinya, hari ini teh Iya melakukan kegiatan wet pouring atau menuang air dari teko ke wadah dengan corong.

Tujuan stimulasi ini adalah untuk mengasah kemampuan motorik halusnya, melatih koordinasi mata dan tangan, dan memperkuat otot tangan dalam mempersiapkan kemampuan menulisnya. 

Dalam kegiatan ini, teh Iya sangat enjoy. Apalagi permainan ini baginya seperti main rumah-rumahan. Variasi kegiatannya pun bisa dilakukan dengan baik. Bisa menuang ke dalam wadah yang berbeda dan yang ada garis indikatornya. Semangat teh Iya! Good Job ❤

Makassar, 30 Juli 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar