Senin, 29 Januari 2024

Buat Para Ibu, Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkan Jenuh

Sumber: Canva


Hai, Bunda! Sedang jenuh dengan pekerjaan rumah dan mengasuh anak? Jika iya, coba lakukan hal di bawah ini bersama keluarga. Pastinya membuat Bunda bahagia dan tambah bersemangat menemani si kecil.

Mengasuh anak, sekaligus melakukan pekerjaan rumah tangga memang sangat melelahkan. Perlu jiwa yang bahagia untuk melepaskan yang melelahkan itu. Sehingga, seorang ibu disarankan untuk bahagia terlebih dahulu, sebelum bisa membahagiakan anak-anaknya.

Salah satu yang bisa Bunda lakukan dengan semua anggota keluarga, termasuk pasangan, adalah membuat proyek keluarga. Membuat suatu kegiatan yang melibatkan semua anggota keluarga, yang bisa menghasilkan. Tidak harus besar, hal kecil pun bisa dilakukan. 

Contoh proyek yang pernah penulis lakukan adalah "Bersih-bersih Ceria Lingkungan". Di mana, gagasan dari proyek ini adalah melihat lingkungan depan rumah lumayan tidak teratur, dan sampah daun yang berserakan dari pohon mangga tetangga. Maka, agar lingkungan menjadi lebih nyaman dan juga bisa menjadi media bermain bagi ketiga anak-anak untuk mengenali lingkungannya, kami menggalakan kerja bakti keluarga. 

Pelaksanaan proyek ini dimulai dengan pembagian tugas masing-masing anggota keluarga. Dalam proyek ini, ayah dipilih menjadi leader yang bertugas memastikan semua komponen berjalan dengan baik. 

Pembagian kerjanya, si kakak dan ayah membersihkan bagian di depan rumah, mamah dan dede serta adik bayi bagian di dalam rumah. Dengan pembagian tugas, anak-anak merasa dilibatkan dalam kegiatan. Tujuannya agar lingkungan di rumah bersih dan rapi serta nyaman. 

Selain proyek bersih-bersih, kami juga pernah ada proyek pohon literasi. Menggambar pohon dengan buah dan daun-daun yang rindang. Setiap daun atau buah bisa diisi dengan buku apa saja yang telah dibaca. Anak-anak senang karena terlibat juga dalam pembuatan pohon literasinya. 

Intinya, dalam membuat proyek keluarga. Libatkan anggota keluarga dan tentukan tujuan dan hasilnya. Usahakan semua memberikan ide untuk menghasilkan tujuan dari proyek itu.


 

Sumber : Canva

Nah, Bunda pun bisa mencoba melakukannya di rumah jika lagi jenuh. Anak-anak senang, semua senang dan bonding pun terbangun. Jadi, Bunda mau buat proyek apa nih? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar