Minggu, 13 November 2016

Bismillah..awali kegiatan kita



Dimulakan dengan bismillah..
Disudahi dengan Alhamdulillah
Begitulah sehari dalam hidup kita
Mudah-mudahan dirahmati Allah
--------------------------------------------------------------------

Nyam..nyam..
Enak mah makanannya.
Upss lupa baca bismillah

Mah..mau belajar ya.
Eeh..lupa baca bismillah

Yaa begitu lah, kadang sehari-hari kita lupa membaca bismillah kalau mau melakukan sesuatu, karena mungkin dianggap Hal "kecil". Padahal dari hal kecil itu akan mempengaruhi kehidupan kita nantinya.


Sayang banget kalau kita melakukan kebaikan nggak mengucapkan bismillah. Bismillah kan artinya "dengan menyebut nama Allah" . Kalau kita mengerjakan sesuatu dengan menyebut namaNya, Insyaallah niat kita melakukan sesuatu kebaikan itu pun karenaNya. Dan mudah-mudahan Allah mencatat kebaikan-kebaikan kita itu sebagai bekal untuk kehidupan kita di akhirat sana.

Aah segitunya?
Laah memang Iya kan. Hidup kita ya endingnya di sana.

Nabi kita shallallāhu ‘alayhi wa sallam memberikan sebuah konsep kepada kita.
Beliau menuturkan:
كل أمر ذي بال لا يبدأ باسم الله فهو أبتر
“Setiap perkara positif yang tidak diawali dengan bismillāh, maka perkara itu terputus dari keberkahan.”

Bayangkan kalau kita setiap melakukan sesuatu itu dengan bismillah, Insyaallah Allah akan mencatat kebaikan itu setiap detiknya, maka setiap detik kita Insyaallah bernilai ibadah. "hidup kita itu semuanya adalah ibadah". Yaa tentunya yang baik-baik ya.

Dan bayangkan juga, kalau kita melakukan kebaikan itu tanpa bismillah?

Kalau kita tidak membaca Bismillah, maka keberkahan itu akan pudar dan perlahan demi perlahan akan sirna dari kita.

Apa rahasianya?
Ternyata rahasianya bahwa bismillāh adalah simbol ketergantungan seorang hamba kepada Allāh. Bismillāh adalah salah satu simbol ketawakalan kita. Karena tahukah kita, pada saat kita mengucapkan bismillāh maka kita baru saja meminta pertolongan kepada Allāh? Karena ب yang di kasrah diawal kata bismillāh itu artinya ب isti’anah (meminta pertolongan kepada Allāh).

→ Jadi, makna ketika saya dan anda mengucapkan bismillāh adalah aku meminta pertolongan kepada Allāh dengan menyebut nama-Nya. Itulah makna yang dalam, bukan hanya sebatas dan menyebut nama Allāh, namun makna yang mendalamnya, “Aku meminta kepada Allāh dengan menyebut nama-Nya.”

Jadi, ketika sebelum beraktifitas, sebelum makan lalu kita membaca bismillāh artinya aku meminta pertolongan kepada Allāh dengan menyebut nama-Nya, agar Allāh mudahkan aku dalam mengunyah makanan tersebut, dalam proses menelan dan dalam mencerna di dalam tubuh kita.

Kita akui, ketidaksanggupan kita untuk mengerjakan sebuah aktifitas seorang diri. Kita baru saja mengakui bahwa kita tidak akan berhasil melakukan pekerjaan walaupun itu sederhana seorang diri.

Yuk ah..
Dari hal kecil kita memulai hal besar. Semoga dengan selalu membaca bismillah, kita bisa terhindar dari perbuatan yang tidak diridhaiNya.

#OWOP
#RumbelMenulis
#IIPSulSel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar