Senin, 14 November 2016

NHW#4 MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH

Bismillah..
Proses demi proses di matrikulasi ini harus dilalui untuk menjadikan kita sebagai ibu yang professional. Pada akhirnya, semua tahapan itu tergantung kepada kita masing-masing dalam penerapannya terhadap keluarga. Setiap keluarga dengan misi dan visinya masing-masing. Semua unik.

Kali ini akan masuk tahap #4 dari proses belajar di matrikulasi. Ending dari tugas ini adalah bagaimana saya seorang ibu dengan mengusung visi misi keluarga tentunya bisa menemukan milestone KM0 untuk menjadi ibu yang professional, kemudian menjabarkannya sesuai dengan passion masing-masing.


Sebelum menemukan KM0nya, saya harus melihat Nice Homework #1, apakah sampai hari ini saya tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, saya ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Aah.kalau boleh jujur mah, dalam hati terdalam masih ada rasa tarik menarik untuk menetapkan jurusan ilmu ini. Saya memang tertarik untuk belajar pengasuhan anak karena ingin memberikan pengasuhan terbaik untuk anak-anak saya. Tetapi, untuk saat ini saya ingin meneruskan yang sudah saya buat, yaitu ilmu berbisnis online dan menulis yang kalau saya lihat dalam kategori ibu professional adalah bagian dari ilmu bunda produktif. Insyaallah bagi saya, saya akan tetap mempelajari ilmu parenting untuk bisa mengasuh anak saya dengan baik. Tetapi yang ingin saya jadi professional adalah professional di bidang bisnis online dan menulis yang pada akhirnya bisa memberikan training-training kebisnisan dan kepenulisan yang menghasilkan dari rumah.

Nah, memberikan training-training kebisnisan dan kepenulisan ini akan menjadi program bunda shalehanya saya. Menebar manfaat dengan menjadikan para perempuan produktif dan menghasilkan dengan bisnis dan menulis dari rumah.

Jadi, NHW#1 insyaallah sudah sejalan dengan ilmu yang ingin saya pelajari kedepannya. Dan Alhamdulillah saya sudah memulai bisnis dari rumah ini 1 tahun yang lalu.

Selanjutnya, untuk menetapkan KM01 ini mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah saya belajar konsisten untuk mengisi checklist harian yang sudah dibuat? Kalau yang satu ini, insyaallah saya berusaha konsisten, karena pada dasarnya checklist ini sudah saya lakukan jauh-jauh sebelum saya buat, walaupun checklist ini belum saya print. Tetapi untuk menuju professional ini, rasa-rasanya saya harus membuat breakdown lagi yang lebih spesifik agar saya menjadi ahli dalam bidang bisnis dan kepenulisan.

Terus berlanjut evaluasinya ke Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup kita akan makin terlihat.

Untuk evaluasi NHW#3 ini selain yang saya tulis kemarin dalam NHW3, saya baru merasakan maksud Allah menjadikan kami keluarga adalah bagaimana keluarga kami bisa berbagi dan membantu keluarga masing-masing dari kami dari segi finansial dan teladan kebaikan, karena saya pribadi adalah anak pertama dari 5 bersaudara yang "harus" memberikan bantuan dana dan teladan untuk adik-adik saya. Dari suami, Alhamdulillah walaupun suami anak terakhir dari 9 bersaudara, Allah memberikan keluasan materi untuk berbagi dengan mereka. Maka, dari kesimpulan ini saya dan suami bertekad untuk mengkayakan diri dari segi harta dan ilmu untuk berbagi dengan saudara-saudara kami sebelum ke orang lain.

Maka dari itu, untuk mencapai target kaya harta dan ilmu yang bisa dibagikan dengan saudara-saudara dan orang lain, visi saya breakdown dibawah ini :

Misi Hidup :”Mencetak” ibu produktif dari rumah dengan bisnis dan menulis
Bidang : Ilmu bisnis online dan kepenulisan
Peran : Owner dan Trainer

Untuk bisa menjadi ahli di bidang itu, saya akan mengikuti beberapa training yang komunitasnya sudah saya masuki beberapa bulan ini. Komunitas ini pun, membantu saya menemukan step-step bagaimana mimpi saya bisa tercapai. Insyaaallah. Rasanya sudah terbayang dipelupuk mata.

Ada 2 training inti yang saya bisa ikuti untuk menjadi penulis dan pebisnis online yang “sukses”, selain kedua training tersebut, untuk menjadi trainer harus ada ilmu yang dipelajari agar bisa menjadi trainer. Ini tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :

Ilmu bisnis online
  • Dalam hal ini, saya sudah memprediskikan untuk mengikuti kelas training reparasi bisnis yang diadakan oleh indiscrift ownernya teh Indari Mastuti. Insyaallah disini dibahas bagaimana membangun bisnis online dari nol hingga sukses dengan pedampingan dan praktek. 
  • Untuk saat ini, saya mengikuti komunitas-komunitas bisnis dan 1 training bisnis selama 1 bulan bersama suhu “Andre Hanusa”. Selain itu untuk melengkapi ilmu tempur saya, saya berusaha membaca buku-buku bisnis online dan artikel-artikel bisnis
Ilmu menulis buku
  • Lagi-lagi yang menjadi target saya untuk menulis buku adalah training dari indiscrift yaitu sekolah perempuan. Dimana hasil dari sekolah itu adalah menerbitkan sebuah buku. 
  • Untuk sekarang, untuk menggali ilmu menulis saya, saya ikut rumel menulis dari IIP dan ikut komunitas tips bisnis dan menulis. Selain itu, tentu juga melengkapinya dengan buku-buku tentang kepenulisan.
Ilmu public speaking
  • Untuk yang ini, saya belum ada gambaran untuk mengikuti training dimana. Yang bisa dilakukan adalah membaca buku dan artikel tentang public speaking dan mencari kursus atau training tentang public speaking ini.

Selanjutnya tahap terakhir adalah menetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan menjalankan Misi Hidup tersebut. Saya menetapkan KM 0 pada usia 30 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Saya mendedikasikan 8 jam waktu untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya.

Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sebagai berikut :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bisnis
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Jaringan Bisnis
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Menulis Buku
KM 3 – KM 4 (tahun 4 ) : Menguasai Ilmu seputar Menulis Blog
KM 4 – KM 5 ( tahun 5) : Menguasai Ilmu seputar Public Speaking

Aah..kalau melihat milestone ini, harus ada koreksi di NHW#2, terutama untuk public speaking yang belum dimasukan dalam daftar.

Alhamdulillah, walaupun masih kurang disana-sini, semoga semuanya bisa terlaksana. Pada akhirnya semua harus dilakukan, lakukan, lakukan, lakukan dan lakukan. Semoga Allah menuntun jalanNya. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar